Minggu, 07 September 2014

Sejarah 2

SEJARAH ( materi kelas XI semester 2 )


BAB VI PERUBAHAN BIDANG KEHIDUPAN MASYARAJAT INDONESIA
AKIBAAT PENGARUH BARAT

a. Ringkasan materi
Awal mulanya bangsa barat melakukan ekspedisi disebabkan oleh jatuhnya konstantinopel ke tangan kholifah turki. Konstantinopel merupakan Bandar rempah rempah dari daerah timur ke barat. akhirnya barat benar benar kekurngan rempah rempah sebagai bahan pokok kehidupan sehingga mereka mulai mencari jalan menuju daerah pusat penghasil rempah rempah.
Sejarah pelayaran eropa diawali oleh para ekspedisi dari Negara spayol. yaitu pada thn 1580, Raja Philip spayol naik tahta ia berhasil mempersatukan spayol dan portugis sehingga belanda kesulitan mengambil rempah rempah dari lisboon karena sudah di kuasai spayol selanjutnya Claudius berhasil menemukan kunci rahasia pelayaran ke timur jauh. Sehingga dia menyusun peta yang disebut india barat dan timur akan tetapi belum berhasil menemukan tempat yang aman dari serangan portugis. Liscoten (belanda) berhasil menemukan pulau jawa yang tidak dikuasai portugis dan banyak menghasilkan rempah rempah untuk diperdagangkan.
Thn 1595 cornelis de houtman yang merasa mantap mengumpulkan modal untuk membiayai perjalanan ke timur jauh . april 1595 cournelis dan dan de keyzer dengan 4 buah kapal memimpin perjalanan. Factor factor yang mendorong bangsa eropa melakukan perjalanan adalah :
1. Kisah perjalanan markopolo 1254-1324 seorang pedagang dari venisia itali ke cina yang dtuangkan dalam buku “Book of Verious Experlances” mengisahkan tentang keajaiban dunia atau imago mundi .
2. Jatuhnya konstantinopel ibukota romawi timur ketangan kesultanan turki thn 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia timur. Sehingga mereka berusaha sendiri ke pusat rempah rempah di asia.

a. Pengertian Imperialisme dan Kolonialisme
Imperialism berasal dari kata imperare, artinya sebagai usaha suatu Negara untuk menguasai Negara lain demi kepentingan ekonomi polirik dan budaya. Dari situ kemudian berkembang istilah imperator yaitu sebutan untuk orang yang berkuasa atas suatu wilayah. Sedangkan wilayah kekuasaanya kemudian disebut imperum. Pengertian imperalisme adalah suatu sistem penjajahan langsung suatu Negara terhadap Negara lain untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan politik Negara induk.
Sedangkan kolonialisme yang berasal dari kata colonus (colonia) diartikan sebagai suatu tindakan untuk menguasai daerah tertentu. Pengertian kolonialisme secara umum adalah sistem dimana suatu Negara menguasai Negara lain termasuk rakuyat dan sumber dayanya. Abad ke 19 merupakan pancake p0erkembangan kolonilisme darena hamper seluruh Kawasan benua afrika di kuasai oleh bangsa barat ( eropa ) . Megara yang menjadi kolonisator pertama adalah portugis dan spanyol.
Imperialism dan kolonialisme berkembang karena dipengruhi oleh beberapa factor seperti
a. Keinginan untuk menjadi Negara yang besar
b. Perasaan sebagai bangsa yang istimewa secara ras
c. Keinginan untuk menyebarkan agama suatu Negara
d. Memajukan kegiatan perdagangan suatu Negara.
b. Negara Negara barat yang datang ke Indonesia
Sejak lama bangsa Indonesia dikenal sebagai penghasil rempah rempah yang laku dipasaran dunia. Banyak pedagang asia yang dating ke Indonesia yang menari rempah rempah dan menjualnya ke eropa. Namun bangsa eropa kemudian melakukan pencarian sendiri langsung dari sumbernya. Jenis rempah rempah yang dibutuhkan adalah cengkeh, lada, pala dan bunga pala yang disebut (Fuli) yang berfungsi sebagai obt obatan . bumbu. Dan penghangat tubuh disaat musim dinging.
Begitu pentingnya rempah rempah bagi bangsa eropa sehingga muncul ungkapan “semahal lada “ atau siapa yang menguasai rempah rempah mereka menguasai kerongkongan eropa

Adapun faktor faktor yang melatar belakangi Kedatangan bangsa eropa ke Indonesia adalah :
1. Keinginan mendapatkan rempah rempahke daerah asal dengan harga yang murah
2. Adanya semangat penaklukan Reconguesta terhadap orang orang yang beragama islam serta daerah daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan 2 islam tersebut. Semangat ini misalnya dilakukan oleh spanyol Ratu Isabela membiayai perjalanan samudra Columbus thn 1492 untuk mencari jalan ke barat.
3. Berkembangnya teknik pelayaran dari penemuan kompas yang berfungsi menentukan arah dan posisi laut. Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah dan lebih cepat digerakan dengan memperbaiki kontruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segitiga dengan tali temali persegi.
4. Penemuan Copernicus yang di dukung oleh Galileo galiley menyatakan bahwa bumi ini bulat . pendapat ini memperkuat keberanian para pelaut karena orang yang berlayar ke dunia timur tidak akan tersesat semakin ketimur akan semakin dekat ke tempat semula.
5. Adanya keinginan untuk lebih jauh mengetahui rahasia alam . keadaan georgafi dan bangsa bangsa yang mendiami belahan bumi lain
6. Ingin memperoleh keuntungan / kekayaan yang sebanyak banyaknya
Beberapa Negara yang menjadi pelopor datang ke Indonesia
Pelopor penjelajahan dari portugis adalah pangeran Henry 1394-1460 yang sampai di pantai barat afrika selatan yaitu tanjung harapan. Penjelajahan ini diteruskan Vasco dagama 1497-1499 dan sampai di goa india . dalam upaya untuk mendapatkan rempah rempah ke sumber aslinya portugis berusaha untuk menguasai pusat perdagangan malaka yang dilakukan Al Fondso de Al burquerque 1511 keberhasilan portugis menjadikan kota lisabon menjadi pusat perdagangan rempah rempah di eropa.
a. spanyol
bangsa spanyol ini melakukan perjalan menuju arah barat karena telah ada kesepakatan sebelumnya dengan perjanjian Thordesillas thn 1492 dengan restu paus untuk menyebarkan agama Kristen kotolik ke seluruh dunia. Isi perjanjian ini adalah portugis berlayar ke arah timur dan spanyol ke arah barat. Para penjelajah dari spanyol antaralain Columbus dan Magellan ( Magelhaens ), Columbus menemukan pulau amerika yang diyakininya sebagai india. Dan megellan sampai di Filipina 1521 dan ia terbunuh. Perjalanan dilanjutkan oleh Sebastian del kano yang tiba di Maluku dan terjadi kontak senjata dengan portugis 1522 dan diselesaikan dengan perjanjian saragosa yang isinya ialah :
1. daerah kekuasaan portugis adalah brasilia sampai Maluku
2. daerah kekuasaan spanyol adalah mexico ke barat sampai Filipina

b. belanda
meskipun di eropa talah muncul pusat perdagangan rempah rempah namun belanda pun akhirnya berupaya juga untuk mendapatkannya langsung dari sumbernya. Belanda datang ke Indonesia disebab kan oleh portugis yang melarang belanda berdagang di lisabon eropa barat. Belanda pertama kali datang di Indonesia 1596 , ekspedisi yang di pimpin oleh Cornelius de houtman yang berhasil mendarat di banten namun ekspadisi pertama kurang begitu menguntungkan karena sikap mereka yang kurang ramah sehingga di usir dari banten, Kedatangan belanda yang kedua dipimpin oleh Jacob Van Neck ia berhasil mendarat di Maluku dan dapat membawa hasil yang sangat banyak. Keberhasilan Van Neck ini mendorong pedagang belanda datang langsung ke Indonesia.
c. Inggris
Inggris merupakan Negara yang paling banyak memiliki daerah jajahan yaitu benua amerika bagian utara Australia , afrika, maupun asia. Jajahan inggris di asia terutama india, Semenanjung Malaya. Inggris mendirikan perusahaan dagang EIC (East Indian Company) thn 1600 bermarkas di india.pengaruh inggris di Indonesia yaitu pada pemerintahan Raffles 1811-1816 namun inggris di Indonesia kalah bersaing dengan belanda.
1. Masa pendudukan VOC
Awal perjalanan belanda ke Indonesia yaitu berkat Jan Huygen Van Linschoten orang belanda yang ikut dalam penjelajahan portugis, ia menulis buku “ Itinerario, Voyage ofte Schepevert near Oost ofte Portugaels Indiens” ( catatan perjalanan ke timur atau hindia portugis )
Setelah Cornelius de houtman sampai di Indonesia thn 1596 maka Compagnie Van Verre thn 1598 memberangkatkan 8 kapal dipimpin Van Neck dan Warwijk dengan waktu tempuh 7 bulan perjalanan untuk sampai di Indonesia, keberhasilan belanda mendorong perusahaan belanda lainnya untuk mengikuti jejaknya , sehingga memberangkatkan kembali 62 kapal menuju indonesia
Pada than 1596, Cornelis De Hutman dengan 4 buah kapal berawak kapal 294 orang mendarat di banten. Kehadiran Belanda di Nusantara mengawali penjajahan di Indonesia ditandai dengan terbentuknya VOC(Verenigde Oos Compagnie) 20 maret 1602. Tujuan dibentuknya VOC adalah untuk mengatasi Persingan yang tidak sehat , Johan Van Oldebarevelt mengusulkan untuk dilakukannya penggabungan(marger)terhadap semua perusahaan dagang belanda menjadi satu serikat dagang. Secara terperinci bahwa VOC dibentuk dengan Tujuan:
1. Menghindari persaingan antar sesama pedagang Belanda
2. Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa Eropa lainnya, seperti portugis dan spanyol
3. Mendapat keuntungan dagang semaksimal mungkin
Dalam perkembangan selanjutnya, keberadaan VOC di Indonesia tidak hanya tumbuh sebagai kongsi dagang, namun juga menjadi kekuatan politik yang banyak mempengaruhi perkembangan di Indonesia. Kepemimpinan VOC dipegang oleh dewan beranggotakan 17 orang yang berkedudukan di Amsterdam. Oleh pemerintahan belanda, VOC diberi oktroi (hak-hak istimewa) sebagai berikut:

1. Dianggap sebagai wakil pemerintah belanda di Asia
2. Monopoli perdagangan
3. Mencetak dan mengedarkan uang sendiri
4. Mengadakan perjanjian
5. Melakukan perang dengan Negara lain
6. Menjalankan kekuasaan kehakiman
7. Pemungutan pajak
8. Memiliki angkatan perang sendiri
9. Mengdakan pemerintahan sendiri
Untuk melaksanakan kekuasaannya di Indonesia, diangkatlah jabatan gubernur Jendral VOC antara lain Pieter Both, merupakan Gubernur Jendral VOC pertama yang memerintah than 1610-1619 di Ambon. Jan Pieterzoon Coen, merupakan Guernur Jendral keudua yang memindahkan pusat VOC dari Ambon ke Jayakarta (Batavia). Karena letaknya strategis di tengah-tengah nusantara memudahkan pelayaran ke belanda. Dengan hak-hak yang melekat pada organisasi tersebut menyebabkan VOC yang tadinya sebuah kongsi dagang, akhirnya berjalan seperti sebuah pemerintahan yang mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik di Indonesia. Aktivitas monopoli mulai dilakukan oleh Pieter Both, yang merupakan Gubernur Jendral pertama VOC. Oleh Pieter Both, kekuasaan VOC dipusatkan di Ambon yang merupakan daerah penghasil rempah-rempah. Untuk menunjang kegiatan monopolinya, VOC mengeluarkan kebijakan antara lain:
1. Pelayaran hongi, yaitu misi pelayaran Belanda untuk mengawasi dan menangkap para pedagang pribumi yang berusaha menjual rempah-rempah kepada pedagang asing lain selain belanda.
2. Ekstirpasi, yaitu usaha penebangan tanaman rempah-rempah yang dianggap over produksi sehingga harganya tetap stabil.
3. Contingenten, yaitu kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak yang berupa hasil bumi.
4. Verplichte leverantine, yaitu perjanjian dengan raja-raja setempat terutama yang kalah perang wajib menyerahkan hasil bumi yang dibutuhkan VOC dengan harga yang ditetepkan VOC.
Keberadaan VOC semakin berkibar ketika Jan Pieterszoon Coen diangkat sebagai Gubernur Jendral VOC yang baru. Pada masa kekuasaannya, VOC mulai mempengarihi kehidupan politik raja-raja di Indonesia. VOC berhasil memindahkan pusat kekuasaannya di jayakarta yang kemudian yang diubah menjadi Batavia ini, VOC berhasil memperluas pengaruhnya ke seluruh nusantara.
Pada tahun 1799 VOC mengalami kemunduran. Hal tersebut antara lain disebabkan karena:
1. Pegawai VOC banyak yang melakukan korupsi
2. VOC banyak menanggung hutang karena besarnya biaya yang dikeluarkan untuk perang
3. Kemerosotan moral dikalangan penguasa akibat sistem monopoli perdagangan
4. Tidak berjalannya peraturan-peraturan yang telah diterapkan oleh VOC akibat banyaknya korupsi
Dengan dibubarkannya VOC, maka kekuasaanya di Indonesia emudian di ambil alih oleh pemerintah kerajaan Belanda. Namun kerajaan Belanda sendiri pada waktu itu juga dibawah kekuasaan perancis, maka peralihan kekuasaan tersebut tidak mempengaruhi kondisi kehidupan politik dan sosial di Indonesia .
2. Pemerintahan Hindia Belanda
Situasi di Eropa membawa perubahan pemerintahan di Belanda. Pada than 1795 tentara perancis menyerbu belanda sehingga pangeran Williem V melarikan diri ke inggris. Kerajaan belanda (holand) selanjutnya dipimpin oleh Louis napoleon, adik Napoleon Bonaparte, Kaisar perancis. Louis Napoleon kemudian mengangkat Gubernur Jendral untuk memerintah di daerah kolonial Hindia Belanda bernama Herman Willem Deandles.
Pada masa pemerintahan Hindia Belanda Indonesia dipimpin oleh H.W. Deandles yang berkuasa pada tahun 1808 sampai 1811. Selama pemerintahan banyak peran yang di berikan deandels terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Setelah menderita karena Adanya monopoli oleh VOC, deandels coba menggunakan konsep baru dalam memimpin pemerintahan di Indonesia. Adapun yang dilakukan deandels semasa menjabat menjadi pimpinan pada pemerintahan Hindia Belanda adalah sebagai berikut:
a. Bidang pertahanan
Pada bidang ini ada beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintahan Hindia Belanda yaitu:
1. Menambah jumlah prajurit menjadi 18.000 yang sebagian besar dari suku-suku bangsa di Indonesia (pribumi)
2. Membangun benteng di beberapa kota dan pusaat pertahanan kalijati, bandung
3. Membangun jalan raya dari anyer sampai panarukan kurang lebih 1.000 kilometer yang diseleseikan dalam waktu 1 thn dengan kerja rodi di setiap 7 kilometer dibangun pos jaga.

b. Bidang keuangan
Pada bidang keuangan, yang dilakukan deandles di antaranya:
1. Mengeluarkan mata uang kertas
2. Menjual tanah produktif milik rakyat kepada swasta hingga muncul tanah swasta(partikelir) yang banyak dimiliki orang cina, arab, belanda.
3. Meningkatkan pemasukan uang dengan cara-cara sebelumnya(VOC) yaitu membongkar pungutan pajak, Contingenten, penanaman kopi, dan lain-lain.

c. Bidang pemerintahan
Pada bidang ini, hal yang dilakukan adalah:
1. Membentuk sekretariat Negara untuk memberskan administrasi Negara
2. Kedudukan bupati sebagai penguasa tradisional di ubah menjadi pegawai pemerintahan dan digaji
3. Memindahkan pemerintahan dari sunda kepala ke welterreden(Sekarang Gedung Mahkamah Agung di Jakarta)
4. Pulau jawa dibagi menjadi 9 perfec/wilayah
5. Membangun kantor-kantor pengadilan
Sisi negative pemerintahan deandels adalah membiarkan terus praktik perbudakan serta hubungan dengan raja-raja di jawa yang buruk, sehingga menimbulkan perlawanan. Pada than 1811 deandels di tarik ke Eropa digantikan oleh Gubernur Jendral Jensen yang semula bertugas di tanjung harapan (afrika selatan). Tidak lama setelah Jensen memerintah, inggris melakukan serangan atas wilayah-wilayah yang dikuasai Belanda seperti yang dapat anda simak berikut ini.
3. kekuasaan inggris di indonesia
Pada than 1811pemimpin inggris di india yaitu lord muito memerintahkan Tomas Stamford Raffles yang berkedudukan di penang(Malaya) untuk menguasai pulau jawa. Dengan mengarahkan 60 kapal, inggris berhasil menduduki Batavia pada tanggal 26 agustus 1811 san pada tanggal 18 september 1811 Belanda menyerah melalui Kapitulasi Tuntang. Setelah berhasil merwbut wilayah Indonesia, untukmengatur jalannya pemerintahan di Indonesia, inggris menugaskan Thomas Standford Raffles sebagai Gubernur Jendral di Indonesia pada masa kekuasaannya, kebijakan-kebijakan yang diterapkan antara lain:
1. Dalam bidang pemerintahan
a. Membagi pulau jawa menjadi 18 karesidenan
b. Para bupati dijadijkan sebagai pegawai negri dan digaji dengan uang
c. Melarang kerja paksa dan perbudakan
2. Dalam bidang ekonomi dan keuangan
a. Mengadakan perdagangan bebas
b. Mengadakan penanaman kopi dan penjualan tanah kepada swasta
c. Mengadakan landrente(sewa tanah)
Sistem sewa tanah ini akhirnya mengalami Kegagalan. Adapun Kegagalan tersebut disebabkan karena:
1. Terbatasnya pegawai yang cakap
2. Belum Adanya standarisasi pengukuran tanah
3. Masyarakat belum begitu mengenal sistem uang
Pada masa pemerintahannya, Rafflestidak hanya berkecimpung dalam bidang pemerintahan (politik). Raffles jug mengembangkan kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan. Kegiatan dalam ilmu pengetahuan yang menonjol antara lain:
1. Membangun gedung harmoni untuk lembaga ilmu pengetehuan bataviache genootshap
2. Menulis buku historis of java yang berisi tentang kebudayaan dan alam jawa
3. Bersama istrinya, Olivia Marianne merintis pendirian kebun raya bogor
Dalam perkembangan politik selamjutnya yaitu kekalahan prancis di eropa dalam perang koalisi dan disiarkan peda convention of London maka inggris sejak thn 1816 menyerahkan kembali kekuasaannya di Indonesia kepada belanda. Sejak itulah Indonesia kembali berada di bawah kekuasaan belanda. Kon sekwensi itu maka inggris harus meninggalkan jawa dan rafles kemudian menduduki pos di Bengkulu.
Pada thn 1824 inggris dan belanda kembali berunding melalui treaty of London thn 1824 yang isinya :
1. Belanda memberikan malaka kepada inggris dan sebaliknya inggris memberikan Bengkulu kepada belanda.
2. Belanda dapat berkuasa di sebelah selatan garis parallel singapura, sedangkan inggris diutara.

d. Berlakunya paksa di Indonesia oleh hindia belanda sustem tanam
Setelah pemerintah belanda kembali menguasai Indonesia, pemerintahan dipegang oleh 3 orang komisaris jenderal yaitu : Eleot, Vander Capelen, dan Buysjes. Keuangan belanda merosot tajam karena kerugian VOC yang harus dibayar juga oleh pemerintah akibat perang diponogoro dan perang padri . di eropa belgia juga memisahkan diri pada thn 1830 padahal daerah industri banyak dibelgia. Untuk mengatasi masalah ekonomi maka diberangkatkan johanes van denboosch sebagai gubernur Jendral belanda dengan tugas meningkatkan penerimaan Negara. Van den Boosch memberlakukan tanam paksa dengan aturan yang di keluarkan olehnya yaitu mewajibkan rakyat membayar pajak dalam bentuk hasil panen ( Inura ) khususnya kopi, tebu dan nila. Dengan demikian diperoleh barang expor yang banyak untuk dikirim ke belanda dan dijual ke eropa dan amerika. Tanam paksa yang diterapkan Van den Boosh memuuat beberapa ketentuan pokok yaitu :
1. Rakyat harus menyediakan tanah untuk ditanami yang laku di pasaran internasional
2. Rakyat harus menyediakan seperlima bagian tanahnya untuk ditanami tanaman yang di tentukan belanda
3. Tanah yang di sediakan untuk tanam paksa bebas dari pajak
4. Kegagalan panen ditanggung pemerintah hindia belanda
5. Pekerjaan yang diperlukan untuk menanam tanaman perdagangan tidak boleh melebihi pekerjaan menanam padi
6. Penduduk yang bukan petani wajib bekerja dikebun pabrik atau pengangkutan untuk kepentingan belanda
Dalam pelaksanaan tanam peksa ini banyak penyimpangan misalnya :
1. Rakyat harus menyediakan tanah setengahnya dari seperlima yang telah ditetapkan
2. Tanah yang seharusnya bebas pajak tetap dikenakan pajak
3. Kegagalan panen yang ditanggung pemerintah tetap ditanggung petani
4. Waktu tanam melebihi usia tanam padi
Akibat dari tanam paksa ini banyak rakyat mengalami kelaparan dan kemiskinan contoh kelaparan dan kematian di Cirebon 1844, demak 1848, grobogan purwodadi 1849, namun demikian ada juga positif yang didapat bangsa Indonesia diantaranya : mengetahui tanaman yang laku di pasaran internasional.dan juga mengetahui cara cara menanam yang baik. Keberhasilan van den boosch dalam pelaksanaan tanam paksa ini dapat mengisi kas Negara belanda, tetapi juga menuai kritikan dari kaum liberal di negeri belanda. Tokoh tokoh yang menentang tanam paksa diantaranya :
1. Edward Dowes Dekker tokoh liberal dengan nama samaran Multatuli dengan menulis buku yang berjudul “ Max Havelar” yang mengisahkan tentang penderitaan rakyat Indonesia akibat tanam paksa
2. Baron Van Houpel seorang misionaris yang pernah tinggal di Indonesia ia menentang tanam paksa di parlemen belanda
3. Van de Venter merupakan pelopor adanya politik etis ( politik balas budi ) yaitu seruan agar mau membalas budi bangsa Indonesia dari pemerintah belanda . gagasan ini dikenal dengan trilogi Van de Venter yang meliputi irigasi, emigrasi dan edukasi. Kemenangan liberal di negeri belanda menyebabkan terjadinya perubahan kebijakan di tanah jajahan belanda khususnya di Indonesia
Pada thn 1870 tanam paksa di bubarkan dan pemerintah belanda menggantinya dengan UUD agrarian dengan tujuan :
- Melindungi hak milik petani atas tanahnnya dari pengusaha asing
- Memberikan kesempatan bagi swasta asing untuk menyewa tanah di Indonesia
- Mengeluarkan UUD gula ( sulker wet ) yaitu aturan gula milik pemerintah secara bertahap dihapuskan dan memberi kesempatan kepada swasta untuk melaksanakan libralisme di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system