Minggu, 07 September 2014

Perjalanan Menuju Itb

Sebuah Perjalanan Menuju ITB... Siapa Bilang anak IPS "Gak Bisa" Masuk Institut Teknologi Bandung




Hoammgh... akhirnya setelah 1 tahun lamanya gak nge-blog...
sekarang kangen lagi buat nulis nulis....
sambil nunggu final euro 2012 yang bentar lagi mempertemukan SPANYOL Vs ITALY !!!
Apakah nanti Spanyol mampu mempertahankan gelar juaranya... atau Italy yang merenggut tahta raja eropa ini... (hloh... malah mbahas sepak bola)

oke... fokus... !
(bentar mau pipis dulu....)

Cerita ini cuma sekedar curcol (a.k.a) curhat colongan dari kemarin pengalaman 4 hari di bandung.
Sebelumnya, perjalanan menuju ke bandung (ITB) ini sangat panjaaaaaaaang banget....


-Dimulai dari perjuangan dalam kuliah-
Oke... sebelumnya gue (sapaan biar keren dikit) dulu waktu SMA ngambil jurusan IPS.
tapi ntah kenapa seneng banget ama dunia IPA... haha.
Cerita gue ini dibawah ini murni gue tulis apa adanya berdasar otak gue yang entah mau mikir kemana....
nah gini nih... ceritanya waktu di bangku perkuliahan dulu sempet namanya down... 
gara-gara jurusan ilmu komputer itu rata-rata emang ngadopsi ilmu-imu anak IPA.
but... everything is possible...
ternyata waktu dijalanin gak sesusah waktu kita bayangin...
gue ngerasa enak banget belajar ilmu komputer, ilmu yang gue seneng.
di ilmu komputer ini gue lebih tertarik ngambil jurusan programming a.k.a teknik informatika.

Materikulasi sempet jadi mata kuliah yang gue seneng banget (coz masih satu matkul doang kan)
disana gue start awal dapet IPK 4.00 (haha. gak maksud sombong)
semenjak itu, semangat buat kuliah nambaaah dan nambaaaaahhhh terus.
Tapi di semester 1 itu setelah di akumulasiin, ternyata gue sempet kecolongan beberapa mata kuliah...
alhasil IPK jadi turun 3,7

Tapi disini gue belajar banyak banget... IPK gak segitu ngaruh daripada ilmu yang gue dapetin disini
yang terpenting itu kita paham ama mata kuliah itu, dan kita bisa tanggung jawab ama nilai kita.
Percumah juga dong... punya IPK tinggi tapi otak kosong...

Nah... asiknya disini... gue ngerasa punya banyak temen yang setia banget,
jarang-jarang hlo... bisa dapet ilmu + temen banyak di kampus...
soalnya rata-rata anak kuliahan itu kalo gak mata kuliahnya berantakan buat maen bareng temen...
ya... kebalikannya... sosialisasinya berantakan gara-gara kebanyakan fokus kuliah.

Hal-hal konyol pernah gue lakuin disini.
salah satunya gue pernah gak masuk kuliah selama setengah semester... bolos kuliah... dll.
but gue tetep konsisten... mata kuliah itu harus dapet nilai "A".
sebenernya aneh bin ajaib juga waktu itu bener-bener terjadi.... (nilai jatuh dari langit kalo kata orang).
hal konyol lain yang gue lakuin antara lain... mainin lift di kampus... nongkrong di kantin sambil kayak orang dongo... telat masuk hampir 5 menit sebelum kuliah selesai, dll.
entah kenapa itu semua sebenernya gue lakuin gak sengaja... hehe.

Selain hal konyol diatas... gue tetep mertahanin prestasi lah... haha.
gue sempet dipercaya jadi Ketua Panitia Seminar Nasional...
disini dapet pengalaman keren banget... gimana ngatur anggota kita dan menjadi pemimpin yang baik
" sempet berantakan diawal... tapi bukan berarti berantakan diakhir " itu kata-kata yang gue suka disini.
Alhamdullilah seminar di awal April kemarin terbukti sukses sekali. (thanks buat semua crew pantia HM-TI).

Nah... itu mungkin sedikit cerita kuliah gue... (daripada dipendem, mungkin bisa buat inspirasi buat kalian... wkwk)
nb : jangan contoh yang jelek...

Sekarang gue mau cerita seputar keinginan gue kuliah di ITB.


- It's Time for Dream -
Loe semua pasti di dunia ini punya mimpi kan?
entah itu ke mimpi jalan-jalan ke Paris, ke Roma, ke Spanyol, ke Italy, atau ke Ukraina-Polandia nonton EURO (eaaa... dibahas lagi...)
nah salah satu keinginan gue disini itu kuliah di ITB...
Alasan utama buat kuliah di ITB ini yaitu dapetin beasiswa...
Jujur ortu gue udah percaya banget kalo gue bisa kuliah disini...
sampai-sampai bener-bener berdoa banget, malam malam tahajud, sholat hajat, witiran, baca surat wakiah dll.
Demikian juga gue yang sampe sekarang masih berjuang sholat malam dan dhuha secara teratur sampe pengumuman tiba.

Agak konyol juga sih... cuma buat kuliah disini sampe segitunya curhat ginian... ahaha.
tapi gue ngerasa banyak orang yang pingin banget kuliah di ITB tapi belum beruntung.
(nih... buat loe yang udah kuliah disni wajib baca)

Awal mula gue kekeuh pingin kuliah disini itu pas SMP gue pernah punya keinginan buat kuliah di Bandung.
Dari dosen... *oops.... maksud gue... guru gue.... waktu SMP bilang kalo bisa kuliah lah di ITB.
dulu gue sempet ngikutin Olimpiade SAINS FISIKA waktu itu.
(entah kenapa ya? gue kok SMA milih IPS??)

Nah... waktu lulusan SMA inilah... gue ama temen gue udah janjian bakal kuliah di ITB beneran.
hal ini yang buat motivasi gue semakin gede.
Di bangku kuliah-pun gue kemotivasi banget dengan semakin banyaknya peminat buat berangkat ke-ITB.
as-you-know lah... seleksi alam-pun terjadi.... semester demi semester diiringi nilai yang kian keluar bikin peminat semakin dikit. Mental diuji disini. Gue sendiri sempet beberapa kali bimbang mau daftar apa engga.
Sayangnya keinginan dan semangat gue lebih gede bro... daripada kebimbangan gue. Alhasil semester 4 ini mimpi gue buat "masuk" ke ITB terealisasi juga








Jujur gue seneng banget udah nyampe di Bandung. Soalnya emang persyaratan disini, IPK untuk jurusan twinning program adalah semester 1-4 nilai IPK rata-rata adalah tidak kurang dari 3,5.
Kalo kata sebagian besar orang sih "Gila banget gak tuh..."
Tapi karena motivasi itulah... gue waktu semester 1 jadi semangat buat dapetin IPK 3,5.

Nah balik lagi ke cerita di Bandungnya.
kata "masuk" disini bukan berarti gue udah resmi keterima....
tapi lebih ke kata gue "berhasil beneran" ujian twinning program sampe ke bandung.
Waktu nyampe gerbangnya sendiri itu ya... gue ngerasa ngimpi tau gak... udah serasa kampus sendiri
(maklum gue gak pernah jalan-jalan di Bandung)
4 hari disana itu gue seneng-seneng bareng ke-9 temen gue... 7 dari Informatika (+ gue) dan 2 dari Elektro
yang punya impian yang sama buat kuliah disini.
Disana itu isinya kita jalan-jalan hunting makanan bareng, warung apa aja yang terkenal di Bandung.
Seneeeng banget rasanya... terus bisa keliling-keliling bandung juga.

Gue kemarin udah ujian disana... nah... InsyaAllah sebulan lagi pengumuman dateng.
Nah... ini nih... selain isinya kemarin disana seneng-seneng dan liburan (hehe.)
kesalahan fatal yang gue lakuin waktu ujian justru gara-gara kemarin di over buat belajar berlebihan
pada waktu ujian gue gak konsentrasi sama sekali !
gue gak sadar itu nulis di kertas ujian apaan.... yang ada di pikiran gue cuma "ngantuk dan ngantuk"
demikian juga waktu wawancara.
Gue berharap banget ada keajaiban yang bisa ngubah kesalahan gue kemarin itu...
Padahal emang hasil akhir gak ditentuin cuma saat ujian kan (kalo kata dosen gue sih... ehehe)

Untuk hasil pengumuman nanti InsyaAllah bakan gue update....
Mohon doa'nya ya...

Satu hal inti dari cerita ini adalah
1. Loe Jangan Pernah Putus Asa Sama Mimpi Loe....
2. Biarin orang mau berkata apa... yang penting kita nunjukin bukan sekedar dengan kata-kata
3. Terus punya Impian dan Harapan Di Dalam Diri Loe... Karena Itu yang Nge-buat Semangat Loe Hidup Lagi
4. Gak Perduli Loe Dari Jurusan IPS tau Bahasa... selama Loe Yakin Loe Bisa... Gak Ada Yang Gak Mungkin Di Dunia ini.

2 komentar:

  1. Bimbang nih gue kak, gue jurusan IPS tapi suka IPA, dan lagi orang tua nyuruh masuk pindah IPA Mulu karena jurusan IPA pekerjaan lebih banyak dibanding jurusan IPS, kalo boleh minta saran , apa yg harus gue lakuin?

    BalasHapus

Disqus Shortname

Comments system