Minggu, 07 September 2014

Anak ips masuk teknik informatika nih ?

               Anak IPS masuk jurusan Teknik Informatika?
Inilah pertanyaan yang banyak sekali saya temui di dunia maya,terutama di forum forum.Biasanya yang menanyakan hal ini adalah anak anak SMA yang akan melanjutkan pendidikanya ke bangku perkuliahan.Ya menurut mereka dengan berbekal ilmu - ilmu tentang komputer yang sudah mereka kuasai akan mudah masuk/menerima pelajaran di jurusan Teknik Informatika,namun perlu di ketahui pula bahwa TI tidak sepenuhnya belajar tentang komputer saja,tapi ada mata pelajaran seperti fisika dan matematikaTapi bagaimana kalau kamu berasal dari jurusan IPS di SMA?padahal Teknik Informatika masuk ke jurusan IPA?
bisa atau tidak?
Inilah beberapa jawaban yang saya temukan di yahoo answer.
1.Apa bisa anak IPS masuk jurusan Teknik Informatika STMIK Amikom Yogya?
Pertanyaan :Katanya sih bisa,, apa benar? Kata temen kalau PTN gak mau menerima anak IPS masuk jurusan teknik, lalu bagaimana dengan PTS? Apakah bisa anak IPS masuk jurusan teknik di sana? Semisal STMIK
Jawaban :mau saja PTN nerima anak IPS di jurusan teknik asalkan lewat jalur tes, bukan snmptn undangan atau pmdk..
tapi yg jadi masalah adalah lewat jalur tes pun anak IPS bakal sulit masuknya coz tes-nya adalah tes IPA, PTN membebaskan pendaftarnya atau peserta tes-nya dari jurusan apapun ntah IPA, IPS, Bahasa, anak pesantren atau anak SMK, tapi tesnya disamakan semua yaitu tes mapel IPA kalau mau masuk ke jurusan teknik
PTS pun sama saja demikian, tes masuk kalau mau ke jurusan teknik ya tes mapel IPA, walaupun pendaftarnya terdiri dari berbagai jurusan.. tapi Khusus AMIKOM, mereka justru mempersyaratkan untuk masuk Teknik Informatika harus dari jurusan IPA saat SMA atau SMK yg jurusannya berbau Teknologi.. kalau mau ke Manajemen Informatika atau Sistem Informasi anak IPS dan lainnya boleh 2.Bisa tidak jika anak IPS masuk Teknik Informatika UGM?
Pertanyaan :Saya anak IPS, dan sangat hobik dengan tekno. Tapi keadaan menghimpit saya masuk IPS. Padahal saya pengen banget kuliah di Teknik Informatika.Apa bisa saya masuk di UGM di Teknik Informatika?
Jawaban :Sebenernya boleh, tapi tergantung universitasnya. pada dasarnya anak ips bisa ngmbil jurusan ipa. tapi dari pengalaman pengalaman universitas, anak ips yang masuk fakultas ipa memiliki tingkat kegagalan yang tinggi dibandingkan anak ipa yang memilih jurusan ips. itulah alasan kenapa beberapa perguruan tinggi di Indonesia tidak mengizinkan anak ips mengambil fakultas ipa. 3.Mau tanya nih, anak ips bisa ngamil IT gg pas kuliah nanti?Pertanyaan : Ane mau tanya. klo ane sekrang ngambil jurusan IPS, nantinya pas kuliah ane bisa ngambil IT gag?mohon bantuan dan informasinyaa...
Jawaban 1 :BISA.
Perguruan tinggi swasta hampir 70% menerima IPA, IPS, dan SMK untuk program studi Teknik Informatika, dan Sistem Informasi (terutama di jakarta, bandung, yogya).
Kalau perguruan tinggi negeri harus ambil IPC atau mungkin ada beberapa PTN yang tidak ternama menerima IPS di jurusan IT dengan passing grade yang standar, tidak terlalu tinggi (seperti universitas islam negeri/UIN, universitas jenderal soedirman/Unsoed, universitas negeri jakarta/UNJ, universitas negeri yogyakarta/UNY, dan lain-lain).

Jawaban 2 :Bisa tapi mungkin agak susah di mata kuliah fisika, matematikanya dalem bgt..agak susah ngikutin gitu..soalnya banyak tmn saya anak ips ambil IT, pada gak bisa ngikutin gitu.. Tapi klo rajin belajar sih mungkin bisa ngikutin dgn baik...

36 komentar:

  1. Kira2 mirip ngak ya sola sbmptn dengan soal UN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal sbmptn ada dua macam yaitu soshum dan dan tpa,untuk soshum ini mirip ujian nasional,dan ada juga semisal b inggris dan b.indonesia juga ada

      Hapus
  2. Mau tanya. saya ikut beasiwa ADik 3T, dan saya mau masuk jurusan teknik impormatika di UPI bandung. Tapi saya jurusan ips dan waktu pengisian formulir saya tidak mencantumkan prodi IT ! Apakah nanti kalau lolos saya bisa tes di jurusan IT juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya nggak bisa mas,soalnya prodi itu kan jurusan yg mau kita ambil

      Hapus
  3. Mau tanya. saya ikut beasiwa ADik 3T, dan saya mau masuk jurusan teknik impormatika di UPI bandung. Tapi saya jurusan ips dan waktu pengisian formulir saya tidak mencantumkan prodi IT ! Apakah nanti kalau lolos saya bisa tes di jurusan IT juga ?

    BalasHapus
  4. Ambil beasiswa di luar negeri aja. Gak ada dikotomo IPA dan IPS, pelajar sma di silahkan mengambil Mapel sesuai keinginan dan berdasar itu untuk ambil jurusan kuliahnya, jadi tidak paketan Mapel ipa/ips, lha mau kuliah IT kok hrs ambil IPA dan belajar biologi segala apa hubunganya coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ituah indonesia, masih ada klasifikasi yang terkadang merugikan para pelajar

      Hapus
    2. hadehh iya iya. nasib anak ips yg hobinya belajar komputer, masa harus ngeralin buang hobi dan pilih jurusan yg tidak begitu di minati karna terpaksa, karna waktu sma tidak di ajari masalah fisika biologi :v.

      Hapus
    3. Setuju mas raihan, bakatnya jdi kebuang sia2, itulah salah satu faktor penghambat majunya negara jga

      Hapus
    4. Nahhh mending skill lhu itu jadi hobby deh bro kayak gua aja gua dah gua sekarang dah bisa bikin aplikasi games modal YouTube dan rencana kedepanya gua mau masuk jurusan bisnis hehe gua juga udah beli google developer pokonya yang terpenting tuh gua bisa bikin aplikasi dan lain lain ... Itu yang penting selain itu gak sih malah bikin pusing tuh yang mau ngikutin jalan ninja gua hahahahaha

      Hapus
    5. pantes nggk maju maju nih negara pengen masuk jurusan yang disukai aja di buat susah susah

      Hapus
  5. Ambil beasiswa di luar negeri aja. Gak ada dikotomo IPA dan IPS, pelajar sma di silahkan mengambil Mapel sesuai keinginan dan berdasar itu untuk ambil jurusan kuliahnya, jadi tidak paketan Mapel ipa/ips, lha mau kuliah IT kok hrs ambil IPA dan belajar biologi segala apa hubunganya coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana cara kita untuk mengambil beasiswa diluar negeri? ane tertarik tapi ga begitu menguasai b inggris, dan dimana kita bisa mengambil beasiswa diluar negeri, serta apa saja syarat dan langkah2 yang diperlukan? terima kasih.

      Hapus
    2. bagaimana cara kita untuk mengambil beasiswa diluar negeri? ane tertarik tapi ga begitu menguasai b inggris, dan dimana kita bisa mengambil beasiswa diluar negeri, serta apa saja syarat dan langkah2 yang diperlukan? terima kasih.

      Hapus
  6. Mau tanya dong kak bisa gak jurusan ips ngambil jurusan ipa contohnya aku mau ngambil ilmu komputer dan teknologi informasi di PTN USU, Sumatera Utara. Apa bisa kak. Mohon jawabannya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, cuma nantinya pada ssat proses tes kamu jadi double ngerjainnya, nggak cuma materi ips tapi juga materi ipa

      Hapus
  7. Mau tanya dong kak bisa gak jurusan ips ngambil jurusan ipa contohnya aku mau ngambil ilmu komputer dan teknologi informasi di PTN USU, Sumatera Utara. Apa bisa kak. Mohon jawabannya ya kak

    BalasHapus
  8. Mo nanya donk kak, aku kan suka berhubungan dengan komputer tpi jurusan ips, msuk mana ya kak?
    Aku galau nih jurusan informasi tkutnya ga kesampean ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. unpam (universitas pamulang) disini jurusan ipa/ips bebas pilih prodi jadi disini nggak terlalu dikhususin tapi butuh extra belajar lagi karena nantinya pas test banyak banget pesaingnya

      Hapus
  9. Kak mau tanya dong, kalo saya jurusan ips terus pengen masuk IT polban harus pake jalur apa plus nanti harus belajar apa aja buat nyiapin tes masuknya. Mohon bantuan jawabannya ya kak

    BalasHapus
  10. min mau nnya ni saya kan jurusan ips, saya kpengen kuliah jurusan teknik informatika di PTS apa bisa min ? apakah msih di seleksi lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. #BantuJawab
      Setau saya kalo ke pts memang ada tes nya juga tapi cuman formalitas ratarata tesnya. Karena pada dasarnya pts membutuhkan mahasiswa jadi logikanya gak mungkin dong nolak mahasiswa, tapi gak tau juga deng barangkali saya yang salah. Mohon diluruskan jika saya yg salah hehe

      Hapus
    2. Wkwkwk.. mas sy rasa logika anda "PTS itu butuh mahasiswa, jadi pasti gk mungkin nolak" itu salah. Stiap perguruan tinggi(negeri maupun swasta) memiliki standar masing" untuk menyeleksi calon mahasiswa. Siapa blg swasta trima" aja? Banyak kok swasta yg bagus n terakreditasi A setara negeri, mas harus dibuka pikirannya. FYI Teman saya IPS, gk lolos IT di PTS, nggak tau krna emang dia dri IPS atau emang krna nilai tes nya gk memenuhi. Mending langsung tanya aja ke kampus nya

      Hapus
  11. Min mau tanya nih...kan ane jurusan IPS min..ane kepengen kuliah jurusan Teknik Perminyakan di UPN min...bisa gk ya min kira²? Padahal kepengen bngt...takutnya gk bisa ngikutin pas kuliah min...

    BalasHapus
  12. izin nanya min?

    nama saya riki, saya baru lulus, jurusan ips, klo saya masuk IT Politeknik manado bisa ngk ya?
    #mohon_di_jawab

    BalasHapus
  13. apakah tes di amikom jogja cuma formalitas?

    BalasHapus
  14. Kaka saya mau nanya nih sljurusan saya ips tapi saya mau masuk teknik informatika tapi saya mau masuk universitas suasta aj,dan nilai mtk saya lumayan bagus kak dan saya juga sangat suka komputer,peluang lulus saya brapa persen ya kak?

    BalasHapus
  15. Infonya sangat bermanfaat. Terima kasih !
    Ijin Share!

    BalasHapus
  16. Mau tanya mas, saya mau ngambil TI tapi masih bingung dengan universitas yg bisa masuk anak ips ke prodi TI. Tolong dong sarannya mas
    Terimakasih 😊

    BalasHapus
  17. Saya mau nanya bisa ga lulusan ips masuk teknik informatika di UII atau di institute teknologi telkom

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Bisa nggak lulusan ips masuk teknik informatika

      Hapus
  19. Mau tanya anak ips cocok tidak ambil jurusan teknik informtika

    BalasHapus
  20. Min, maaf mau nanya, kan saya kemarin udh ikut utbk rencananya sih saya mau ngambil jurusan manajemen, nah saya ngambil jurusan soshum utbk nya, dan tiba-tiba ortu saya menyuruh saya mengambil jurusan teknik informatika(IT) tapi saya sudah mengikuti utbk jurusan soshum, pertanyaanya apakah bisa nilai utbk tersebut untuk mendaftar ke jurusan IT di univ?

    BalasHapus

Disqus Shortname

Comments system